Rabu, 12 Desember 2007

Lingkungan
Tips "Hijau" Hari Ini

Untuk menjadi warga bumi yang peduli lingkungan tidaklah sulit. Dari aktivitas sehari -hari yang sederhanapun kita bisa menjaga lingkungan sekitar supaya tetap “hijau”. Berikut beberapa tips “Ramah Lingkungan” hari ini:

1. 1. Semakin berat mobil, semakin banyak pula konsumsi bensinnya. Setiap penambahan 50 kilogram berarti pemakaian bensin 2 % lebih banyak.

2. 2. Senantiasa jaga ban mobil anda pada tekanan ideal, anda akan menghemat satu tangki bahan bakar tiap tahunnya. Periksalah tekanan ban tiap bulan dengan memakai pemeriksa tekanan yang sama. Ban pada umumnya kehilangan tekanan tiap bulan. Ban yang kurang angin tidak akan berputar secara efisien dan juga akan cepat aus.

3. 3. Mendaur ulang 500.000 Kg kertas Koran berarti kita sudah menyelamatkan pohon – pohon yang dapat menyerap 67.500 Kg CO2 tiap tahunnya.

4. 4. Jangan membuka jendela ketika ngebut di jalan tol. Jendela yang terbuka meninggalkan daya hambat mobil sehingga meningkatkan pemakaian bahan bakar. Dinginkan diri dengan membuka ventilasi mobil.

5 5. Apabila satu juta orang membawa tas sendiri ketika berbelanja, maka hal ini akan mengurangi kebutuhan 1 miliar tas plastik.

(Taken from The Live Earth, Global Warming Survival Handbook)

Tidak ada komentar: