Sabtu, 01 Desember 2007


Morning Question: Apakah anda sudah melakukan sesuatu yang baik untuk lingkungan hari ini?

Indonesia masuk kategori deforestation terbesar di dunia oleh Guinness Book of Record. Selain itu, Jakarta juga menjadi salah satu kota kontributor polusi terbesar di dunia. Bukan sesuatu yang bisa dibanggakan oleh bangsa kita. Oleh karenanya kita pantas berkaca diri dan berbuat sesuatu untuk memperbaiki keadaan.
Hal – hal dibawah ini dapat membantu menjaga keadaan alam dan lingkungan sekitar kita:

· Matikan lampu dan peralatan elektronik waktu keluar dari ruangan

· Buang sampah di tempatnya.

· Rajin-rajin memanggil tukang servis AC, Carpooling atau berangkat bareng teman atau keluarga ke kantor, sekolah, tempat les, atau mal. Selain mengurangi kemacetan, kita juga menghemat energi.

· Saat mencetak/print tugas, usahakan memakai dua sisi kertas.

· Pemakaian kantong plastik saat belanja harus dikurangi Plastik adalah bahan yang sulit untuk diuraikan. Kalau dibakar, plastik akan menjadi zat racun atau polusi. Seluruh plastik itu hanya menjadi sampah. Pakai tas karton atau tas kanvas kalau perlu.

· Rutin melakukan uji emisi kendaraan

· Bagi kendaraan berbahan bakar solar mulailah menggunakan bio solar yang ramah lingkungan.

· Tutup jendela dan pintu pada saat menyalakan AC di dalam ruangan.

· Membantu program reboisasi pemerintah dengan menanami kembali hutan-hutan yang gundul dan mencegah illegal logging.

· Ikut serta melestarikan pariwisata alam

Mudah-mudahan harapan kita untuk menggerakkan hati banyak orang ikutan peduli terhadap lingkungan tercapai, supaya usaha kita selama ini tidak sia-sia. Meskipun kita sudah bersusah payah bersihkan jalanan dan tanam banyak pohon, semua itu tidak berguna kalau tidak ada yang menjaga dan meneruskan.

Kalau tidak mau lagi rumah kita kena banjir dan bencana alam lainnya, kita harus mulai melakukan sesuatu yang ramah lingkungan. Mulai sekarang.

Tidak ada komentar: